Oleh: fatiaali | Juli 28, 2008

Asuransi dalam Perspektif Hukum Islam; Suatu Tinjauan Analisis Historis, Teoritis dan Praktis

Resensi Buku

Judul : Asuransi dalam Perspektif Hukum Islam; Suatu Tinjauan Analisis
Historis, Teoritis, dan Praktis.
Penulis : AM. Hasan Ali, MA
Penerbit : Kencana
Tebal : xv, 227 Halaman
Cetakan : Pertama, 2004

Saat terbitnya buku ini merupakan sedikit dari sebagian buku yang memaparkan pembahasan Asuransi Syariah di Indonesia. Literatur asuransi dalam kajian keislaman masih terbatas. Perkembangan lembaga asuransi syariah di Indonesia belum dibarengi dengan perkembangan keilmuannya. Kajian-kajian yang mengetengahkan tentang asuransi syariah masih sedikit dan dalam ruang lingkup yang cukup terbatas. Sehingga perkembangan keilmuannya belum sebanding dengan hasrat para praktisi untuk mengembangkan asuransi syariah di Indonesia.

Menurut Prof. Dr. Hasanuddin AF, MA dalam memberikan pengantar buku ini, kajian tentang asuransi dalam literatur keislaman di Indonesia termasuk sesuatu yang langka dan jarang ditemukan dalam buku-buku yang membahas tentang ekonomi Islam. Banyak penulis Indonesia lebih menyukai fokus kajiannya terhadap masalah berkenaan dengan perbankan Islam dibanding dengan kajian asuransi Islam. Padahal, kajian mengenai asuransi Islam terlahir satu ”paket” dengan kajian perbankan Islam, yaitu bersama-sama muncul kepermukaan tatkala dunia Islam tertarik untuk mengkaji secara mendalam apa dan bagaimana cara mengaktualisasikan konsep ekonomi Islam dalam tataran kelebagaan.
Buku ini telah memberikan sumbangsihnya untuk kajian ekonomi Islam di Indonesia. Penulis telah mengurai sisi-sisi asuransi syariah secara lengkap dalam berbagai aspek. Yang menjadi kekuatan dari buku ini adalah pembahasan dari aspek hukum Islam yang komprehensif. Dari mulai konsep dasar hukum Islam yang menjadi acuan asuransi hingga mensajikan komparasi antara praktek dari realita kekinian dengan perkembangan teori asuransi syariah. Dan pemaparan hukum Islamnya telah menyentuh pada akar permasalahan dari praktek asuransi Islam.

Secara rinci penulis telah membahas dari mulai asuransi dalam perspektif konvensional kemudian dibandingkan dengan asuransi dalam perspektif syariah Islam, perkembangan asuransi dengan memaparkan lintasan sejarah asuransi dari awal berkembangnya hingga sekarang. Secara lengkap penulis membahas konsep asuransi dan praktiknya, landasan hukum dan pendapat para ulama, akad yang membentuk asuransi syariah, landasan operasionalnya, serta perkembangan asuransi syariah di Indonesia.

Penulis telah membidik pula kegiatan asuransi syariah di Indonesia mulai dari operasionalisasinya dalam menjalankan sistem asuransi syariah untuk diterapkan sesuai dengan alam ekonomi Indonasia. Tidak luput adalah produk-produk yang dikembangkan asuransi syariah di Indonesia, serta analisa dari peluang dan tantangan serta prospeknya asuransi syariah di Indonesia ke depan.[roel]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: